Muktamar Nahdlatul Ulama ( NU) Digelar Di Lampung Tengah


BASMILAMTENG.COM, – Lampung Tengah. Perhelatan Akbar Muktamar NU Ke-34 yang terselengara di Pondok Pesantren Darussa’adah, Kelurahan Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah, resmi dibuka Presiden RI Jokowi Dodo, dengan pemukulan rebana, Rabu (22/12).

 

Presiden Jokowi menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Nahdlatul Ulama (NU) yang selama ini telah membantu pemerintah dalam menenangkan umat menenangkan masyarakat dimasa pandemi.

 

“Saya ucapkan terimakasih kepada NU yang telah mengajak dan mentaati Protokol Kesehatan dan mengajak masyarakat untuk berbondong bondong ikut dalam program vaksinasi,” ucapnya.

 

Presiden Jokowi mengakui bahwa selama ini, peran ulama dan kyai sangat berdampak besar bagi pemerintah dalam hal mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

 

“Ini saya rasakan betul, ajakan para kiyai dan para ulama berdampak pada meningkatnya masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” terangnya.

 

Pada awal-awal vaksinasi, yang pada saat itu namanya vaksin Astrazeneca, banyak daerah yang tidak mau menggambil. Padahal pada saat itu stok yang banyak adalah Astrazeneca. Tetapi pada saat itu ada telfon dari para kiyai dari Jawa Timur, “Pak presiden silahkan semuanya vaksin dikirim ke jawa timur kami terima besoknya saya terima. Para kiyai berkumpul dan semuanya mau menerima vaksin itu. Setelah itu, semua daerah satu persatu semua daerah, mau, mau, mau,” ucap presiden menceritakan.

 

Inilah pengaruh para ulama para kiyai dalam mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi. Kita tahu tepatnya pertengahan 15 Juli 2020 kita berada pada posisi yang sangat mencekam. “Ngeri saya kalau menceritakan, semua rumah sakit di jawa dan bali penuh oksigen kurang, obat habis. Kasus harian pada saat itu 56.000 ribu di lorong lorang rumah sakit penuh, semua pasien antri di ruang ICU untuk bisa masuk,” ungkapnya.

 

Alhamdulillah berkat dukungan dari NU kemarin, kasusnya alhamdulillah hanya tinggal 216 kasus perhari di seluruh tanah air. Kalau kita memiliki 514 kabupaten kota, artinya di setiap kabupaten/kota hanya ada setengah kasus. Kemudian hari ini, untuk vaksinasi kita telah menyuntikan 263 juta vaksin kepada masyarakat.

 

Banyangkan pak kiyai kita menyuntikan 263 juta vaksin, itu suatu pekerjaan yang sangat rumit, sangat kompleks. Belum membawa vaksinya ketempat tempat yang sangat sulit diatas gunung ke pulau pulau kecil dengan membawa prahu dengan naik sepeda motor membawa bok untuk pendingin vaksin. Tapi alhamdulillah kita sudah mencapai 263 juta, dosis pertama 73,9 perse dosis kedua 51,8 persen.

 

Kita harapkan ini bisa mencapai 70 persen untuk mengejar agar Covid-19 tidak menyebar kemana mana. Dan hari ini juga disuntikkan pada anak anak 6-11 tahun sudah 1 juta, percepatanya sudah sangat bagus sekali alhamdulillah. Tapi kita harus tetap hati hati, tetap waspada karena saat ini muncul farian virus baru yang di namakan Omicron. “Telah ada 83.000 kasus di dunia, kenegara kita indonesia juga telah masuk,” terangnya.

 

Presiden Jokowi juga sangat mengapresiasi protokol kesehatan yang didampingi satgas dalam acara muktamar. “Insyaallah kita kembali ke daerah masing masing dalam keadaan sehat,” doanya.

 

Kemudian yang kedua, berkaitan dengan ekonomi umat. Kita tahu banyak masalah yang disampaikan masalah pemerataan, seperti yang disampaikan bapak ketua umum PBNU juga menyampaikan. Memeng kita harus berbicara apa adanya pemerataan bukan sebuah hal yang gampang untuk dilakukan.

 

Tetapi saya melihat kekuatan di NU sekarang anak mudanya pintar- pintar, santri santerinya pintar banyak yang keluaran dari universitas yang besar dari seluruh negara yang ada di dunia ini.

 

“Apabila ini bisa di rajut dalam sebuah kekuatan lokomotif saya meyakini ini bisa menarik gerbong -gerbong yang ada di bawah untuk bersama sama mensejahterakan kita semuanya,” bebernya.

 

Saya menawarkan yang muda -muda ini dibuatkan sebuah wadah, bisa PT atau kelompok usaha. Saya (pemerintah) akan menyiapkan, konsesi. Baik itu konsesi terserah mau di pakai untuk lahan pertanian silahkan, saya juga akan menyiapkan konsesi minerba yang pingin bergerak di usaha usaha nikel misalnya, usaha us

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *