Ketua PAC LSM BASMI Kec. Terusan Nunyai DESEN TOMERY Mengajak Seluruh Masyarakat Khususnya Warga Gunung Batin Untuk Menjaga Ekosistem Air, Ikan Dan Alam Di Sungai Batang Hari Way Terusan


BASMILAMTENG.COM, – Lampung Tengah. Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Barisan Muda lndonesia (Basmi), Kecamatan Terusan Nunyai, Lampung Tengah, Desen Tomeri mengajak Masyarakat, Aparat Kampung, dan Aparat Penegak Hukum (APH) setempat untuk bersama-sama menjaga dan menjaga kelestarian sumber air sungai, dan kembang biak ekosistem ikan yang ada di aliran Sungai Batang Hari di wilayah setempat, dari ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

“Saya melihat adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, merusak ekosistem ikan khususnya, yang berakibat pada perkembang biakan ikan yang ada di alairan sungai batang hari, apalagi saat musim kemarau tiba,” ungkap Desen, Sabtu, (12/06).

 

Menurutnya, hal itu sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Dan dengan adanya ulah segelintir oknum itu dapat mengakibatkan pencemaran aliran sungai, dan membunuh perkembang biakan benih ikan yang ada di sungai batang hari, khususnya di wilayah Kec.Terusan Nunyai. Hal itu dilakukan oleh oknum yang melakukan kegiatan meracuni aliran sungai, guna mengambil ikan yang ada di sungai tersebut. Tentunya hal bertentangan dengan hukum, sesuai dengan Pasal 9 Undang-undang Nomor 31 Tahun 2004, tentang perikanan, dengan Ancaman pidana 5 tahun penjara, denda 2 Miliar.

 

“Dampak dari itu yang membuat kembang biak ekosistem ikan yang ada di sungai punah. Inilah peran kami sebagai kontrol sosial di masyarakat untuk mengajak masyarakat, dan semua pihak mari bersama-sama kita menjaga kelestarian alam, khususnya sumber air, dan isinya dari oknum yang tidak memikirkan akan akibat hal itu,” tegasnya.

 

Kami khususnya dari PAC Basmi Kec.Terusan Nunyai akan melakukan langkah-langkah, koordinasi dengan aparat kampung, pihak Kepolisian, dalam hal ini Polsek Terusan Nunyai, untuk bagaimana melakukan langkah pendekatan, serta memberi himbauan kepada masyarakat, agar dapat bersama-sama menjaga, dan memelihara kelestarian lingkungan alam ini dari ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Dan itu adalah bagian tugas kami sebagai lembaga kemasyarakatan, dan tugas kita semua sebagai masyakarat,” ujar dia…/ Desen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *