Penggunaan Dana BOS Tahun 2020 Tidak Transparan. BOS di SMPN 10 Tamsel Diduga diselewengkan


BASMILAMTENG, – Bekasi. Pada Lampiran Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 “ TATA CARA PELAPORAN” Pada Hurup ( C ) “Sekolah harus mempublikasikan semua pelaporan baik penerimaan dan penggunaan dana BOS Reguler kepada masyarakat secara terbuka. Dokumen yang harus dipublikasikan yaitu rekapitulasi dana BOS Reguler berdasarkan komponen pembiayaan. Publikasi laporan dilakukan pada papan informasi Sekolah atau tempat lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat”.

 

Selain itu kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Telah membuat Surat Edaran dengan Nomor: 113696/MPK.A/KU/2019 Perihal Kepatuhan Pelaporan Realisasi Penggunaan Dana BOS yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi diseluruh Indonesia.

 

Namun aturan itu tidak berlaku untuk SMPN 10 Tambun Selatan Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, dimana kepala SMPN 10 Tambun Selatan pada tahun 2020 tidak mempublikasikan penggunaan dana BOS tahap 1,tahap 2 dan tahap 3, baik secara online di laman bos.kemdikbud.go.id atau pada papan informasi Sekolah atau tempat lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat.

 

Ketidak patuhan kepala SMPN 10 Tamsel terhadap aturan pemerintah untuk mempublikasikan penggunaan dana BOS menjadi pertanyaan besar apakah dana digunakan sesuai dengan juknis dan juklak atau dana bos banyak yang diselewengkan? Kalau memang dana tersebut digunakan sesuai dengan juknis dan juklak kenapa kepala SMP N 10 Tamsel Tidak mempublikasikan? Padahal pemerintah telah membayar operator untuk melaksanakan tugas tersebut.

 

Selain kepala sekolah kepala dinas pendidikan kabupaten bekasi juga di duga tidak melakukan tugasnya sesuai dengan Permendikbud nomor 8 tahun 2020 TATA CARA PENGELOLAAN DAN PELAPORAN DANA pada huruf (f) pasal 10 ” menugaskan sekolah untuk melaporkan penggunaan dana BOS regular dari sekolah melalui laman bos.kemendikbud.go.id. “

 

Kepala dinas pendidikan juga seharusnya memberikan teguran atau menunda pencairan dana BOS ke sekolah yang belum mempublikasan penggunaan dana BOS hal tersebut diatur dalam Permendikbud Nomo 8 tahun 2020 BAB IV PENGELOLAAN, PELAPORAN, DAN TANGGUNG JAWAB PENGGUNAAN DANA Pasal 17 ayat 2.

 

Ketika hal itu di konfirmasi oleh media BASMI NEWS kepada SMP N 10 Tamsel melalui surat konfirmasi nomor 084 /Konf/Basmi News/IV/2021 pada tanggal 26 April 2021 kepala sekolah SMPN 10 Tambun Selatan Belum memberikan jawaban , sampai berita ini diturunkan kepala SMPN 10 Tamsel diam seribu bahasa. (Robin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *