Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara (Lampura) Siapkan Posko Siaga Tanggap Bencana.

Lampung Utara (Basmilamteng.com)
-Masuk puncak musim penghujan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Utara (Lampura) siapkan posko siaga tanggap bencana. Meski dengan keterbatasan pos pengungsian yang berimbas bencana, BPBD Lampura telah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi maupun pusat untuk penambahan perlengkapan.

BPBD Lampura siagakan tiga regu Tim Reaksi Cepat (TRC) di lokasi rawan banjir, mengingat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi beberapa minggu terakhir bisa mengakibatkan banjir.

” Kita telah siagakan tim TRC kelokasi lokasi rawan banjir dan menyiapkan posko di beberapa titik untuk memantau perkembangan. Apabila terjadi banjir tim bisa segera melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir, ” Kata Nozi Afrialis Kepala BPBD sempat, selasa (12/1/2021)

Berdasarkan data yang ada, kata Nozi, wilayah yang menjadi langganan banjir ketika musim penghujan banjir tiba diantaranya Kecamatan Kotabumi, Abung Timur, Kotabumi Selatan, Abung Selatan dan Muara sungkai.

” Saya beberapa waktu lalu telah meninjau lokasi lokasi yang setiap tahunnya selalu terdampak banjir untuk melakukan pemantauan dan apa saja langkah yang akan di lakukan bila terjadi banjir, ” Jelasnya

Selain menyiagakan personil, Lanjut dia, pihaknya juga telah mengecek peralatan yang akan digunakan sehingga pada saat bencana alam banjir terjadi semua peralatan siap untuk di pergunakan.

Ketika di tanya ketersediaan Logistic dan Buferstock, Nozi mengatakan meski kersediaan masih terbatas namun ketika terjadi banjir bantuan terhadap masyarakat terdampak banjir harus ada.

Nozi menghimbau kepada masyarakat yang di daerahnya setiap tahun terjadi banjir harus selalu waspada dan mawas diri mengingat intensitas curah hujan semakin tinggi. (Faisol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *